10 Tempat Wisata Menarik Di Yogyakarta Indonesia

adminin Februari 25, 2017
2 people like this post

Indahnya Nusantara – Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata yang berlokasi di pulau Jawa yang sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara, Yogyakarta berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan. Yogyakarta mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menarik dan indah sekali untuk dikunjungi. Berikut ini 10 tempat wisata menarik yang ada di Yogyakarta yang wajib kalian kunjungi:

 

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata menarik yang sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal ataupun wisatawan mancanegara, candi ini merupakan kompleks candi hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini juga dihiasi oleh relief yang diukir dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Apabila kalian ingin ke candi prambanan dan tidak membawa kendaraan kalian bisa menggunakan bis lalu turun di halte Prambanan.

 

Taman Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Sejak didirikan pada tahun 2009, tempat ini langsung jadi destinasi favorit para wisatawan terutama wisatawan lokal yang hanya ingin sekedar berselfie ria.

Tidak seperti taman wisata alam biasa, saat melakukan berbagai aktivitas petualangan di kalibiru Anda bakal ditemani oleh hamparan pemandangan gunung yang begitu menakjubkan.

 

Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di kota Yogyakarta. Pantai parangtritis merupakan pantai yang berada ditepi Samudra Hindia sehingga tempat ini mempunyai karakter ombak dan arus yang cukup besar dan kuat. Keunikan di pantai parangtritis adalah tempat ini mempunyai bukit pasir yang gemuk disekitar pantai kalau kalian ingin merasakan tempat yang berbeda kalian bisa bermain di bukit pasir ini.

 

Gua Pindul

Gua pindul merupakan sebuah gua yang dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit yang sudah ada di goa ini sejak ratusan tahun lalu. Ada juga stalaktit dan stalagmit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia. Sst… beberapa stalaktit dan stalagmit ini diyakini oleh masyarakat sekitar dapat meningkatkan kejantanan pria, lho.

 

Jalan Malioboro

Malioboro ini merupakan nama salah jalan yang ada di kota Yogyakarta, jalan ini sangatlah terkenal dan sudah menjadi salah satu tempat wisata wajib bagi kalian yang berwisata ke yogyakarta, bahkan untuk berfoto di palang malioboro ini harus mengantri terlebih dahulu karena banyak sekali orang-orang yang ingin berfoto di palang itu. Nama jalan malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan mempunyai arti Karangan Bunga. Apakah yang membuat jalan Malioboro ini menjadi sangat terkenal? Karena tempat ini menyuguhkan berbagai macam tempat belanja, tempat kuliner yang tidak ada habisnya. Pada saat pagi hari, siang hari dan malam hari disepanjang jalan Malioboro ini kalian pasti akan menemukan berderetan orang-orang yang berjualan apa saja, mulai dari makanan, minuman, pernak-pernik dan oleh-oleh khas Yogyakarta.

 

Gunung Merapi

Gunung Merapi ini merupakan gunung yang berada di provinsi D.I Yogyakarta, gunung merapi ini merupakan gunung yang sangat terkenal di kota Yogyakarta dan gunung ini merupakan tempat favorit untuk kalian yang suka mendaki gunung dan bisa menikmati keindahan alamnya. Harga tiket masuk di kawasan gunung merapi ini cuma mengeluarkan uang sebanyak Rp 3000 per orang.

 

Hutan Purba di Goa Jomblang

Goa yang pernah menjadi lokasi syuting Amazing Race season 19 ini terbentuk sejak ribuan tahun lalu lamanya akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi sehingga membentuk sinkhole atau sumuran. Hingga kini vegetasi berupa rerumputan, jamur, tanaman paku bahkan pepohonan besar tetap hidup dan lestari selama ratusan tahun di goa jomblang ini.

Karena lokasinya yang sulit dijangkau dan dibatasinya jumlah pengunjung, akan lebih baik apabila jika Anda ingin berkunjung kesini, Anda harus membuat reservasi terlebih dahulu. Bawa juga pakaian ganti, termasuk sepasang kaus kaki ekstra, karena Anda bakal kotor-kotoran di sini.

 

Candi Borobudur

Candi Borobudur yang bertempat di Magelang ini adalah salah satu tempat wisata di sekitar Yogyakarta yang sering sekali wisatawan berkunjung kesini baik wisatawan lokal dan mancanegara, tempat ini terkenal ke berbagai dunia. Candi Borobudur ini merupakan candi Budda yang paling besar didunia, candi borobudur saat ini masih sering sekali dijadikan tempat berziarah oleh mereka yang memeluk agama budha karena candi ini merupakan sebuah monumen model dari semesta alam yang merupakan tempat suci. Saat kalian akan masuk ke candi ini kalian diharuskan untuk memakai sarung terlebih dahulu yang akan dipinjamkan dipintu masuk Candi Borobudur. Walaupun tempat ini bukan bertempat di Jogja, tetapi Candi Borobudur ini sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

 

Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Mangunan, begitulah bagian dari hutan di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan yang ditumbuhi tanaman Pinus merkusi. Lokasinya yang bisa ditempuh searah dengan situs makam Raja-Raja Imogiri membuat banyak orang salah menyebutnya menjadi Hutan Pinus Imogiri, terutama wisatawan yang berasal dari luar Jogja. Padahal secara administratif hutan pinus ini tidak termasuk kawasan Imogiri.

Kini kawasan Mangunan, terutama bagian yang ditanami pohon pinus tak hanya berfungsi sebagai hutan lindung namun juga dikelola sebagai salah satu tujuan wisata terutama bagi mereka yang suka berselfie ria.

 

Istana Air Taman Sari

Istana air taman sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada zaman dahulu, selain itu istana air taman sari ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang akan menyerang. Istana air taman sari saat ini merupakan salah satu tempat wisata menarik yang berada di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya, udara di sekitar istana air taman sari ini juga sangat sejuk karena terdapat banyak kolam buatan dan disertai dengan kebun bunga yang baunya sangat harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah Rp 5000

Category: Jogja
  • 0
  • 162

Leave your comment